Apa Itu Turbine Flow Meter, Keunggulan dan Tips Penggunaan

Diposting pada 25 September 2024



Apa itu
turbine flow meter? Alat ciptaan Reinhard Woltman ini berfungsi untuk mengukur aliran benda cair dan juga gas. Perangkat ini memanfaatkan energi mekanik dari aliran untuk menggerakkan turbin.

Ketika aliran bergerak cepat, maka putaran turbin akan menjadi cepat juga. Lalu, bagaimana cara kerja flow meter turbine serta apa keunggulan dari alat ini? Berikut adalah penjabarannya.

Sistem Kerja Turbine Flow Meter


Screenshot dari Website Realpars

Sebagaimana telah disebutkan di atas, turbine flow meter adalah perangkat pengukur aliran gas, uap, serta benda cair. Prinsip kerja turbin flow meter hampir sama seperti pembangkit listrik bertenaga air.

Cairan atau gas dalam pipa akan mendorong dan memutar turbin. Hal ini akan menyebabkan kecepatan putaran turbin sebanding dengan laju cairan. Putaran turbin dapat menghasilkan tegangan listrik. Namun induksi elektromagnetik yang terjadi dalam alat ini berbeda dengan mag meter.

Kemudian, elektroda akan menangkap tegangan listrik tersebut dan mengirimnya pada transmitter. Lalu, sistem dalam alat ini akan mengkonversi tegangan tersebut dan menampilkannya pada layar dalam bentuk numerik.

Penggunaan Turbine Flow Meter

Pemanfaatan turbine meter adalah untuk menentukan kecepatan atau laju aliran di dalam pipa. Secara umum, penggunaan alat ini dalam sektor industri adalah untuk mengukur laju air, gas, bahan kimia berbentuk cair, serta cairan kriogenik.

Jika Anda ingin memasang alat ini, pastikan bahwa fluida yang akan Anda ukur benar-benar bersih. Artinya, fluida tersebut tidak mengandung endapan, pasir, serta komponen mikro lainnya.

Fluida yang tercemar kotoran dapat menyebabkan sumbatan pada turbin. Hal ini akan berpengaruh terhadap akurasi flow meter turbin. Selain itu, sumbatan juga dapat menghambat putaran turbin. Lama kelamaan, baling-baling tersebut tidak bisa berputar dan menjadi rusak.

Selain itu, untuk melakukan pengukuran cairan dengan suhu tinggi, pastikan Anda menggunakan turbin flow meter khusus. Hal ini karena alat ini hanya dapat berfungsi dengan baik pada rentang suhu tertentu saja. Cairan dengan suhu lebih dari 60o Celcius dapat merusak fungsi alat ini.

Keunggulan Turbine Flow Meter


Screenshot dari Website Sino-inst

Flow meter turbine menawarkan banyak kelebihan. Pertama, alat ini dapat Anda manfaatkan untuk berbagai jenis fluida dan gas. Misalnya, Anda bisa memanfaatkannya untuk menghitung laju air dan minyak. Kedua, jika Anda melakukan kalibrasi secara teratur, alat ini akan memiliki tingkat akurasi hingga 0.5%.

Selanjutnya, harga perangkat ini juga lebih ekonomis jika dibandingkan dengan alat ukur aliran tipe yang lainnya seperti elektromagnetik maupun ultrasonik flow meter. Tidak hanya itu, instalasi dan pengoperasian alat ini juga sangat mudah.

Tips Penggunaan Flow Meter Turbin

Agar alat ini dapat menunjukkan hasil pengukuran yang valid, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Ikuti tips ini untuk menjaga keakuratan alat ukur aliran fluida ini.

Pertama, pasanglah saringan untuk mencegah adanya kotoran yang masuk ke turbin. Lalu, sebaiknya Anda tidak memakai alat ini untuk mengukur fluida dengan tingkat kekentalan yang tinggi. Saat Anda menggunakannya untuk benda cair dengan viskositas tinggi, pasti akan terjadi kesalahan dalam pengukuran.

Karena alat ini memiliki komponen mekanis yang bergerak yaitu bagian turbin, maka Anda perlu melakukan perawatan secara berkala. Anda juga harus melakukan kalibrasi untuk mempertahankan keakuratan alat ini.

Setelah Anda mengetahui apa itu turbine flow meter, Anda pasti tertarik untuk memakai alat ini. Untuk itu, kami menyediakan flow meter turbin berkualitas dan telah tersertifikasi. Misalnya, Anda bisa memilih digital turbin flow meter RS485. Hubungi customer service kami untuk melakukan pemesanan.

Referensi:

https://inaparts.com/measurement/flow-measurement/turbine-flow-meter/#:~:text=Turbine%20Flow%20Meter%20dapat%20digunakan,%2C%20udara%2C%20dan%20gas%20industri.

https://www.ferindo.id/blog/turbine-flow-meter-fungsi-cara-kerja-kelebihan-rekomendasi_103.html

https://www.prosesindustri.com/2020/04/pengetahuan-tentang-turbine-flow-meter.html

https://wma.co.id/flow-measurements/apa-itu-turbine-flow-meter/

https://flowmasonic.com/2010/09/18/turbine-flow-meter/