Berapa Biaya Kalibrasi Flow Meter? Yuk Cek Di Sini!

Diposting pada 12 September 2024



Biaya kalibrasi
flow meter sangat beragam, bahkan setiap penyedia jasa kalibrasi mematok harga yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari service, fasilitas, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang penasaran, tidak perlu khawatir. Sebab, kami akan memberikan bocoran kisaran harganya untuk Anda. Simak selengkapnya berikut ini.

Tempat Kalibrasi Flow Meter


Freepik

Untuk melakukan kalibrasi flow meter, Anda bisa mempercayakannya kepada perusahaan swasta yang bergerak di bidak kalibrasi alat ukur. Perusahaan ini sudah tersebar di seluruh Indonesia, jadi Anda tidak akan kesulitan mencarinya.

Kelebihan melakukan kalibrasi menggunakan jasa perusahaan swasta adalah pelayanan lebih cepat. Selain itu, perlengkapan kalibrasinya biasanya lebih lengkap.

Selain itu jasa kalibrasi dari perusahaan swasta, Anda juga bisa menggunakan jasa dari balai kalibrasi di bawah naungan Kementerian Indonesia. Terutama kementerian perdagangan dan perindustrian.

Kelebihan menggunakan jasa balai kalibrasi adalah harganya lebih terjangkau. Selain itu, semua alat dan fasilitas sudah bisa dipastikan terstandarisasi. Hanya saja, tidak semua balai bisa mengkalibrasi flow meter.

Tips Memilih Jasa Kalibrasi Flow Meter


Freepik

Sebelum menentukan tempat untuk melakukan kalibrasi flow meter, pastikan Anda sudah memilihnya dengan seksama. Tujuannya adalah agar Anda tidak menyesal sudah memilih penyedia jasa yang salah.

Berikut ini adalah tips sebelum Anda memilih jasa kalibrasi flow meter:

1. Memiliki Akreditasi Kredibel

Hal paling utama untuk diperhatikan dari penyedia jasa kalibrasi adalah akreditas yang mereka miliki. Akreditasi ini menjadi tanda apakah penyedia jasa tersebut kredibel atau tidak.

Akreditasi untuk balai atau perusahaan kalibrasi yang berlaku di Indonesia adalah SNI ISO/IEC 17025:2017. Jika perusahaan belum memiliki akreditasi tersebut, lebih baik Anda mencari yang lain.

2. Pelayanannya Ramah dan Responsif

Pelayanan juga menjadi faktor penting yang harus Anda pertimbangkan dari penyedia jasa kalibrasi flow meter. Sebab, hal ini mencerminkan profesionalitas dari penyedia jasa tersebut.

3. Waktu Pengerjaan Tidak Terlalu Lama

Pilih jasa kalibrasi yang memberikan jaminan pengerjaan tidak terlalu lama. Sebab, semakin lama pengerjaan, maka efektivitas perusahaan Anda akan menurun. Terutama, jika kinerja perusahaan sangat bergantung pada flow meter.

Selain itu, hal tersebut juga tentu akan merepotkan. Di mana Anda harus menyiapkan berbagai keperluan tim kalibrasi untuk jangka waktu tertentu.

4. Memiliki Peralatan dan Fasilitas Mumpuni

Peralatan dan fasilitas mumpuni dalam kegiatan kalibrasi merupakan faktor yang tidak boleh diabaikan. Sebab, keduanya sangat mempengaruhi akurasi hasil kalibrasi.

5. Tingkat Kepercayaan Konsumen Tinggi

Tips selanjutnya adalah cari tahu tingkat kepercayaan konsumen terhadap penyedia jasa kalibrasi. Caranya, bisa dari media sosial atau forum khusus konsumen.

Semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen, maka semakin bagus. Artinya, kinerja jasa kalibrasi tersebut dapat diandalkan.

Tarif Kalibrasi Flow Meter


Freepik

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, bahwa harga jasa kalibrasi flow meter sangat beragam tergantung dari kebijakan perusahaan. Selain itu, biasanya perusahaan juga mempertimbangkan beberapa kondisi untuk menentukan harganya.

Misalnya saja jenis flow meter, untuk gas, air, atau uap. Selain itu, tipe flow meter juga mempengaruhi harga kalibrasi. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa langsung menghubungi PT Ferindo Energi Instrument.

Sebab, kami menyediakan jasa kalibrasi terpercaya dengan harga yang sangat affordable. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu mengenai jenis dan tipe flow meter yang akan dikalibrasi.

Terkait akreditasi, kami sudah mengantongi SNI ISO/IEC 17024:2017. Selain itu, kami juga memiliki peralatan dan fasilitas mumpuni. Sehingga, hasil kalibrasi memiliki kredibilitas yang tinggi.

Jangan ragu lagi, segera hubungi kami di sini. Anda bisa bertanya mengenai biaya kalibrasi flow meter dengan leluasa.