Apa Itu Vortex Flow Meter, Prinsip Kerja, dan Fungsinya

Diposting pada 25 September 2024


Apa itu vortex
flow meter? Perangkat multifungsi ini sangat berguna dalam bidang industri karena memiliki kemampuan untuk mengukur berbagai jenis fluida. Anda dapat memanfaatkannya untuk pengukuran aliran uap, cairan, hingga gas.

Screenshot dari Website Auto-instruments

Berbeda dengan flow meter turbin, perangkat ini tidak memiliki komponen yang bergerak. Sehingga, Anda tidak perlu melakukan proses maintenance. Apakah Anda ingin mengetahui seluk beluk jenis flow meter ini, berikut adalah ulasan tentang prinsip kerja dan penggunaan vortex flow meter.

Bagaimana Vortex Flow Meter Bekerja?

Prinsip kerja vortex flow meter adalah dengan mengukur pulse vortex. Sinyal ini berasal dari bluff body yang terpasang dalam aliran. Pada saat cairan atau gas melewati bagian bluff body, komponen ini akan menghasilkan vortilitas. Lalu, Anda dapat menentukan kecepatan aliran berdasarkan vortilitas tersebut.

Secara sederhana, alat ini menggunakan buff body sebagai penghalang aliran. Adanya penghalang ini akan menciptakan pusaran dalam aliran. Kemudian, pusaran itu akan menghasilkan perbedaan tekanan. Selain itu, Anda juga dapat menghitung laju aliran berdasarkan frekuensi pusaran.

Untuk menghasilkan pusaran, alat ini membutuhkan aliran dengan kecepatan tinggi. Saat Anda menggunakannya untuk menghitung laju aliran yang rendah, alat ini hanya akan menghasilkan tekanan yang rendah. Oleh sebab itu, alat ini mungkin sulit untuk mendeteksi sinyal.

Kegunaan Vortex Flow Meter


Screenshot dari Website Yokogawa

Fungsi vortex flow meter adalah untuk pengukuran cairan, uap, dan gas. Namun, penggunaan alat ini lebih sering untuk menghitung aliran uap panas.

Layar flow meter vortex dapat menampilkan beberapa informasi. Misalnya, Anda dapat mengetahui suhu, aliran massa, dan juga tekanan uap.

Saat memilih vortex meter, Anda harus memperhatikan jenis material yang ingin Anda ukur alirannya. Pemilihan sensor vortex harus berdasarkan jenis fluida. Pada umumnya, alat ini memakai sensor piezoelektrik. Sensor ini dapat mendeteksi tegangan yang rendah.

Selain itu, Anda bisa memasang sensor tersebut pada bagian dalam atau luar flow meter. Jika Anda ingin menggunakan alat ini untuk mengukur cairan korosif, sebaiknya Anda memilih sensor eksternal. Hal ini dapat meminimalisir biaya maintenance.

Namun, jika Anda ingin memiliki alat pengukur dengan sensitivitas tinggi, pilihlah vortex flow meter dengan sensor internal. Sensor ini dapat bekerja dengan baik meskipun laju aliran sangat rendah.

Jenis Sensor Vortex Flow Meter


Screenshot dari Website Broiltech

Berdasarkan tipe sensor yang digunakan, vortex flow meter dapat digolongkan menjadi beberapa jenis. Saat Anda memilih vortex flow meter, Anda harus mempertimbangkan jenis sensor berikut sesuai dengan karakteristik fluida yang akan Anda ukur:

  • Sensor termal. Alat ini menggunakan sensor suhu untuk menentukan vortisitas dan laju aliran.
  • Sensor mekanis. Jenis sensor ini memiliki bola magnet yang akan bergerak mengikuti pusaran. Sensor akan mendeteksi pergerakan tersebut. Akan tetapi, adanya kondensasi dapat mempengaruhi pergerakan bola tersebut.
  • Sensor kapasitif. Alat ini menggunakan diafragma stainless steel yang dipasang pada bluff body. Jenis sensor ini cocok untuk mengukur uap dengan suhu yang sangat panas hingga 427o C.
  • Sensor piezoelektrik. Cara kerja sensor ini mirip dengan sensor kapasitif. Anda bisa menggunakannya untuk cairan atau uap dengan suhu tinggi. Akan tetapi, alat ini tidak dapat berfungsi dengan baik untuk suhu rendah.
  • Sensor Ultrasonik. Alat ini memiliki pemancar dan penerima gelombang ultrasonic. Kualitas sensor ini cukup bagus namun adanya sumber suara eksternal dapat memengaruhi hasil pengukuran.

Demikianlah penjelasan tentang apa itu vortex flow meter. Jika Anda ingin menggunakan vortex flow meter Yokogawa, SHM, atau merek lainnya, langsung saja kunjungi halaman produk kami. Atau Anda juga bisa menghubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi tentang flow meter yang sesuai dengan kebutuhan industri Anda.

Referensi:

https://inaparts.com/measurement/flow-measurement/artikel-flow-meter/vortex-flow-meter/

https://lieneticjaya.com/vortex-flow-meter/

https://id.silverinstruments.com/steam-flow-meter.html

https://wma.co.id/articles/apa-itu-vortex-flow-meter/

https://www.microthings.id/product/vortex-flow-meter-hgvf/