Apa Tujuan Kalibrasi Flow Meter? Yuk, Cari Tahu Jawabannya!

Diposting pada 30 August 2024



ODS Metering System

Mungkin masih banyak di antara Anda yang belum memahami
tujuan kalibrasi flow meter. Bahkan, banyak yang beranggapan bahwa kegiatan tersebut tidak penting dan hanya buang-buang waktu.

Padahal, kalibrasi memiliki tujuan yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Oleh sebab itu, pastikan Anda memahami tujuannya yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Kalibrasi Flow Meter


ODS Metering System

Kalibrasi adalah kegiatan untuk mengecek, memastikan, dan mengatur akurasi sebuah alat ukur, termasuk flow meter. Sebab, flow meter adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk mengukur laju alir fluida.

Fluida tersebut mencakup gas, uap, dan yang paling umum adalah cairan. Cara melakukan kalibrasi adalah dengan proses verifikasi dan membandingkan hasil pengukuran flow meter dengan standar.

Pastikan standar harus sudah tertelusur secara nasional maupun internasional. Sehingga, hasilnya lebih terpercaya. Berdasarkan metodenya, kalibrasi flow meter terbagi menjadi dua jenis.

Pertama adalah jenis kalibrasi flow meter basah dan yang kedua adalah kalibrasi kering. Keduanya memiliki pengaplikasian masing-masing.

Misalnya saja, untuk kalibrasi basah hanya dapat Anda gunakan pada fluida yang memiliki suhu jauh lebih dingin atau lebih panas dari suhu ruang. Sedangkan kalibrasi kering untuk fluida dengan suhu sama seperti suhu ruang.

Tujuan Melakukan Kalibrasi Flow Meter


Flowmetric

Sama seperti alat ukur lainnya, flow meter akan mengalami penyimpangan pengukuran dalam kurun waktu tertentu. Di mana akurasi pengukurannya tidak akan setinggi sebelumnya.

Hal ini tentunya akan mengakibatkan performa flow meter menurun dan akan mengganggu kinerja perusahaan atau laboratorium Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan kalibrasi.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kalibrasi pada flow meter bertujuan untuk mengkonfirmasi seberapa besar penyimpangan pengukurannya. Anda juga dapat mengatur ulang alat agar kembali ke performa awal.

Atau, Anda bisa menyesuaikan penggunaan flow meter sesuai dengan akurasinya setelah kalibrasi. Jika memang penyimpangannya terlampau besar, maka Anda bisa mempertimbangkan penggantian alat.

Sebab penyimpangan pengukuran di luar batas toleransi dapat berakibat fatal, khususnya di bidang industri. Misalnya saja kualitas produk menurun, tidak sesuainya proses produksi dengan SOP, dan membengkaknya biaya produksi.

Kapan Harus Melakukan Kalibrasi Flow Meter?


Sage Metering

Mengacu pada ketentuan Metrology Indonesia, kalibrasi flow meter harus dilakukan 2 tahun sekali. Anda juga harus melakukannya secara rutin dan tidak boleh terlewat.

Sebab pada rentang waktu tersebut, performa flow meter sudar menurun dan penyimpangan pengukuran semakin besar. Sehingga, Anda perlu melakukan penyesuaian lagi dengan kalibrasi.

Biasanya setelah proses kalibrasi, Anda akan mendapatkan sertifikat. Di dalam sertifikat tersebut terdapat data kapan waktu kalibrasi selanjutnya.

Untuk proses kalibrasinya juga tidak bisa dilakukan oleh sembarang pihak. Melainkan oleh pihak yang membuka jasa kalibrasi resmi, khususnya untuk instrumen flow meter.

Tapi, Anda harus berhati-hati ketika memilih penyedia jasa kalibrasi. Pastikan penyedia jasa tersebut sudah memenuhi syarat di bawah ini:

  • Sudah sesuai dengan SNI sebagai tanda bahwa jasa kalibrasi sudah sesuai dengan standar nasional di Indonesia
  • Menerapkan ISO 17025:2008 yang merupakan standar pelaksanaan jasa kalibrasi internasional.
  • Lulus audit kompetensi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).
  • Memiliki fasilitas dan peralatan kalibrasi yang mumpuni.
  • Tim pengkalibrasi sudah expert dan berpengalaman.
  • Profesionalisme yang tinggi.
  • Tingkat kepuasan kliennya tinggi.

Tujuan kalibrasi flow meter memang sangat penting karena berhubungan langsung dengan akurasi alat. Sebab, Anda bisa mengetahui penyimpangan pengukuran dari alat tersebut.

Bagi Anda yang ingin membeli flow meter dengan akurasi tinggi dan harga affordable, maka segera hubungi PT Ferindo Energi Instrumen sekarang juga. Anda bisa menemukan berbagai jenis flow meter sesuai kebutuhan.

Sumber

https://www.b4t.go.id/pelayanan-publik/fasilitas/laboratorium/laboratorium-kalibrasi/#:~:text=Tujuan%20kalibrasi%20adalah%20untuk%20mencapai,laboratorium%20dan%20produksi%20yang%20dimiliki.

https://inaparts.com/measurement/flow-measurement/artikel-flow-meter/kalibrasi-flow-meter/#:~:text=Jadi%20tujuan%20dari%20kalibrasi%20flow,ukur%20sesuai%20dengan%20yang%20disyaratkan.

https://www.ferindo.id/blog/pilihan-jasa-kalibrasi-flow-meter-terbaik-dan-berkualitas_37.html