Mengenal Parameter Kalibrasi Flow Meter

Diposting pada 12 September 2024



Parameter kalibrasi
flow meter merupakan sebuah acuan yang bisa menentukan performa dan kelayakan alat. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengetahui apa saja parameternya tersebut.

Agar tidak Anda tidak bingung, pada artikel kali ini kami akan memaparkan apa saja parameter yang dibutuhkan saat mengkalibrasi flow meter. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak pembahasan di bawah ini.

Kenapa Harus Melakukan Kalibrasi?


Polycontrols

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai parameternya, Anda harus memahami dulu bahwa kalibrasi flow meter merupakan kegiatan yang sangat penting. Bahkan, bisa menjadi wajib bagi industri dan laboratorium jasa.

Tujuan kalibrasi flow meter sendiri adalah untuk mengetahui seberapa besar akurasi dan penyimpangan pengukuran alat tersebut. Sehingga, Anda bisa melakukan pengaturan ulang flow meter yang disesuaikan dengan standar.

Kegiatan kalibrasi memberikan banyak manfaat. Di antara manfaat kalibrasi flow meter tersebut adalah:

  • Untuk menjaga kualitas dan hasil dari proses pengukuran tetap kredibel.
  • Anda bisa mengetahui ada atau tidaknya penyimpangan pengukuran pada flow meter.
  • Memberikan konfirmasi hasil pengukuran yang tertera pada alat dan hasil aktualnya.
  • Menerapkan standar mutu berdasarkan ISO.
  • Memutuskan apakah alat ukur masih layak untuk digunakan atau tidak.

Cara Kalibrasi Flow Meter


Teesing

Prinsip kalibrasi flow meter sama seperti alat ukur lainnya. Di mana Anda harus menggunakan kalibrator khusus yang menjadi standar pembanding. Kalibrator ini harus sudah tertelusur baik secara nasional maupun internasional.

Untuk langkah-langkah kalibrasinya, simak berikut ini:

  • Amati flow meter, apakah ada kerusakan pada alat tersebut atau tidak. Sebab jika ada, maka bisa dipastikan penyimpangannya sangat besar dan harus diperbaiki terlebih dahulu.
  • Setel ulang alat tersebut pada titik nol, jangan lupa juga untuk membersihkannya.
  • Hubungkan flow meter dengan kalibrator, kemudian lakukan pengukuran pada beberapa titik ukur.
  • Catat data hasil pengukuran, kemudian bandingkan antara hasil pengukuran flow meter dan kalibrator.

Untuk metode kalibrasinya sendiri terdapat dua pilihan, yaitu jenis kalibrasi kering dan basah. Keduanya dapat Anda pilih berdasarkan kondisi cairan dalam tangki.

Jika cairan memiliki suhu yang sama seperti suhu ruangan, maka gunakan metode kalibrasi kering. Sedangkan jika suhu cairan lebih dingin atau lebih panas, menggunakan metode basah.

Parameter Utama Kalibrasi Flow Meter


Valve World

Jika proses kalibrasi sudah selesai, maka Anda bisa membandingkan hasilnya dengan parameter kalibrasi pada flow meter. Parameter tersebut di antaranya adalah:

1. Hasil Pengukuran

Parameter pertama yang perlu Anda perhatikan adalah hasil pengukuran dari flow meter dan kalibrator. Anda bisa membandingkan kedua nilai tersebut apakah berbeda jauh atau tidak.

2. Besarnya Penyimpangan

Dari data hasil pengukuran di atas, Anda bisa mengetahui penyimpangan flow meter. Caranya adalah dengan mencari selisih pengukuran flow meter dan kalibrator.

Kemudian buat persentase dari selisih tersebut. Maka, akan menghasilkan persentase penyimpangan. Di mana idealnya, batas maksimal dari nilai penyimpangan adalah 10%.

3. Nilai Ketidakpastian

Setiap alat ukur memiliki nilai ketidakpastian yang berbeda, begitu pula dengan flow meter. Biasanya, nilai ketidakpastian tersebut akan tercantum pada masing-masing spesifikasi flow meter.

Data hasil pengukuran di atas, bisa Anda olah secara statistika untuk mengetahui nilai ketidakpastiannya. Jika nilai ketidakpastiannya sudah Anda peroleh, maka bandingkan dengan batas maksimal ketidakpastian flow meter tersebut.

4. Kurva Kalibrasi

Saat melakukan kalibrasi, Anda juga harus membuat kurva. Suatu alat dikatakan memiliki performa baik, jika kurva kalibrasinya linear.

5. Tingkat Kepercayaan

Tingkat kepercayaan dipengaruhi oleh akurasi dan nilai ketidakpastian. Semakin besar nilainya, maka tingkat kepercayaannya semakin baik.

Parameter kalibrasi flow meter memang menjadi faktor penting yang wajib Anda perhatikan. Tujuannya adalah untuk mengetahui kelayakan dan performa alat tersebut.

Segera hubungi PT Ferindo Energi Instrumen untuk menggunakan jasa kalibrasi flow meter terbaik. Metode yang kami gunakan sesuai parameter dan standar nasional serta internasional.

Sumber

https://inaparts.com/measurement/flow-measurement/artikel-flow-meter/kalibrasi-flow-meter/

https://www.ferindo.id/blog/pilihan-jasa-kalibrasi-flow-meter-terbaik-dan-berkualitas_37.html