Panduan Cara Kalibrasi Vortex flow meter dengan Mudah

Diposting pada 23 August 2024



Cara kalibrasi
Vortex flow meter harus dilakukan dengan tepat untuk menghindari adanya penyimpangan hasil pengukuran. Di mana hal tersebut sangat mempengaruhi akurasi data yang dihasilkan.

Proses kalibrasi ini wajib Anda lakukan secara berkala sebelum Anda menggunakan flow meter. Tenang saja, sebab cara kalibrasi sangat mudah. Untuk mengetahuinya, simak selengkapnya di bawah ini.

Kenapa Harus Melakukan Kalibrasi Flow Meter?


Youtube Rosemount

Kalibrasi adalah sebuah proses pengecekan dan pengaturan yang bertujuan untuk menyesuaikan akurasi alat ukur dengan standar. Proses ini sangat penting untuk memastikan bahwa hasil pengukuran akurat dan konsisten.

Semua alat ukur yang akan Anda gunakan harus terkalibrasi, termasuk di dalamnya adalah flow meter. Di mana alat ini berguna untuk mengukur debit atau laju alir fluida, baik dalam bentuk cairan, gas, atau uap.

Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya kalibrasi flow meter yang harus Anda ketahui:

  • Menghindari adanya pergeseran atau penyimpangan hasil pengukuran yang berdampak buruk pada kualitas produk, proses, stok, hingga biaya produksi.
  • Mengembalikan akurasi alat dari penyimpangan pengukuran.
  • Meningkatkan performa flow meter agar hasil pengukurannya sesuai dengan standar.
  • Menjaga kredibilitas hasil pengukuran flow meter.

Apa Itu Vortex Flow Meter?


Emerson Video Library

Jika sebagian besar flow meter hanya bisa mengukur satu jenis fluida, seperti cairan saja, gas saja, atau uap saja, maka tidak dengan Vortex. Sebab, Vortex flow meter mampu mengukur tiga jenis fluida yaitu cairan, gas, dan uap.

Tidak heran jika alat ini dikenal sebagai flow meter multifungsi dan sangat berguna. Khususnya pada pengukuran cairan media pipa industri, misalnya gas, cairan, atau uap.

Tidak hanya itu, Vortex flow meter juga memiliki teknologi mutakhir yang membuatnya lebih handal. Flow meter ini juga tidak memiliki bagian bergerak, sehingga Anda tidak perlu melakukan perawatan dan pembersihan secara rutin.

Perawatannya juga lebih mudah dari pada jenis flow meter lainnya. Dengan begitu, Anda bisa menghemat banyak biaya perawatan.

Cara Mudah Kalibrasi Vortex flow meter


Flowmeter.Ph

Langkah-langkah mengkalibrasi flow meter satu ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan flow meter lainnya. Di antaranya adalah:

1. Siapkan Vortex Flow Meter

Langkah pertama, tentunya Anda harus menyiapkan Vortex flow meter yang sudah terinstal dengan benar. Sebab, kesalahan pada proses instalasi dapat mempengaruhi hasil pengukuran nantinya.

Dampaknya adalah akan terjadi penyimpangan pengukuran yang cukup besar. Oleh sebab itu, ketepatan instalasi sangat penting.

2. Siapkan Alat Pembanding

Alat pembanding berfungsi untuk mengukur tingkat akurasi flow meter. Anda bisa menggunakan stopwatch sebagai alat pembanding yang sebelumnya sudah terkalibrasi oleh KAN atau instansi terkait.

3. Cek Kondisi Lingkungan

Saat melakukan kalibrasi, jangan pernah mengabaikan kondisi lingkungan. Sebab, Vortex flow meter memiliki tingkat akurasi yang berbeda pada kondisi lingkungan tertentu.

Beberapa kondisi lingkungan yang mempengaruhi kinerja flow meter adalah suhu, getaran, kebersihan alat dan lingkungan, serta kelembapan.

4. Siapkan Standar Metode Kalibrasi

Tidak hanya alat pembanding, Anda juga harus menentukan standar metode kalibrasi. Biasanya metode tersebut ada di dalam panduan khusus Vortex flow meter, Anda hanya tinggal mengikuti langkahnya.

5. Setel Ulang Flow Meter

Langkah selanjutnya adalah menyetel ulan Vortex flow meter ke nilai nol, lalu lakukan metode kalibrasi diikuti oleh alat pembanding. Flow meter dengan performa baik akan menampilkan hasil yang tidak jauh berbeda dengan alat pembanding.

Jika penyimpangannya terlalu besar, maka Anda harus mengatur ulang Vortex flow meter tersebut. Atau, memperbaikinya di teknisi khusus.

Untuk mendapatkan Vortex flow meter yang memiliki akurasi terbaik, Anda bisa langsung menghubungi PT Ferindo Energi Instrumen. Anda juga akan dipandu bagaimana cara kalibrasi Vortex flow meter tersebut.

Sumber

https://inaparts.com/measurement/resetting-kalibrasi-flow-meter-berkala/

https://id.silverinstruments.com/blog/vortex-flow-meter-installation.html

https://lieneticjaya.com/vortex-flow-meter/

https://www.ferindo.id/blog/cara-kalibrasi-flow-meter-solar-yang-akurat-dan-tepat_36.html